Sabtu, 22 Oktober 2011

PENDIDIKAN MANAJEMEN


Setelah cukup mapan dan leluasa dalam menggunakan komputer sebagai alat bantu presentasi informasi, tahap selanjutnya adalah mengembangkan kemampuan siswa untuk bekerja dan menganalisa masalah menggunakan komputer. Pada tahapan ini konsep-konsep seperti basis data (data-base), aplikasi tabel (spread-sheet) untuk membantu memecahan masalah dapat diketengahkan. Kemampuan untuk meninjau informasi yang ada dan memformulasikan dalam perangkat lunak yang digunakan dapat dikembangkan.
        Jika prasarana fisik memungkinkan, pada tahapan selanjutnya diketengahkan konsep bermasyarakat menggunakan komputer. Untuk mewujudkan hal diatas, jaringan komputer mutlak diperlukan. Konsep-konsep untuk berdiskusi secara elektronik, tata-cara yang digunakan, kemungkinan bekerja sama secara elektronis dapat dikembangkan disini. Tingkat ini akan berjalan baik pada tingkat mahasiswa universitas atau tingkat lainnya yang lebih tinggi. Kerjasama secara elektronis antar berbagai lembaga penelitian - industri - perguruan tinggi akan menjadi kenyataan pada tahap ini. Mungkin menarik untuk disimak bahwa proses penulisan artikel ini merupakan hasil diskusi yang kami lakukan secara elektronik menggunakan jaringan komputer milik Universitas di Canada.
        Pada tahap akhir, kemampuan untuk membuat sendiri perangkat lunak-perangkat lunak yang dibutuhkan dapat dikembangkan. Teknik pemrograman yang baik, misalnya pembuatan perangkat yang terstruktur dengan baik, tersimpan dalam file-file yang terpisah untuk memudahkan pencarian kesalahan dsb., dapat diajarkan.
        Tiap tahap diatas sifatnya berdiri sendiri walaupun tahap yang satu merupakan kelanjutan tahap yang lain. Seseorang dapat berhenti pada setiap tahap tergantung pada kebutuhannya. Tampak jelas bahwa titik berat langkah yang diambil adalah membentuk seseorang yang mampu bekerja secara leluasa menggunakan komputer. Di samping itu, orang tersebut pada akhirnya akan senang dan berani mempelajari hal-hal yang baru yang berkaitan dengan dunia komputer. Kami berharap tulisan ini dapat memberi sedikit masukan dalam menentukan langkah-langkah dan bentuk sebuah pendidikan komputer di sekolah dasar maupun sekolah menengah di Indonesia. Tulisan ini merupakan rangkuman tulisan kami yang dimasukan ke Journal Scientific Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar